Tips Merawat Baterai Tanam Supaya Berumur Panjang

15 January 2021
Tips Merawat Baterai Tanam Supaya Berumur Panjang

Tips Merawat Baterai Tanam Supaya Berumur Panjang

Dalam kesempatan kali ini teknologi[dot]visitklaten[dot]com akan berbagi tentang Tips merawat baterai tanam atau yang tidak bisa dicopot supaya berumur panjang.

Baterai tanam maupun yang bisa dicopot sebenarnya sama saja untuk menjadi bocor. Perbedaannya untuk baterai tanam, biasanya bahan pembungkusnya terbuat dari bahan plastik yang lebih tersegel dibandingkan dengan bahan metal yang menjadi pelindung baterai yang dapat dicopot.

Sehingga apabila terjadi bocor, pada baterai tanam yang menggunakan pembungkus plastik ini, cairan kimia baterai jarang merembes.

Pada umumnya baterai smartphone waktu rusak akan terlihat dari ciri-ciri baterai yang menjadi kembung. Gas yang dihasilkan dari proses oksidasi elektrokimia pada elektrolit baterai menjadikan baterai kembung.

Hal tersebut pada umumnya disebabkan karena over charging, atau suhu baterai terlalu panas. Atau bisa juga baterai yang pembuatannya tidak sempurna.

Tips Merawat Baterai Tanam

Ada beberapa tips merawat baterai supaya berumur panjang, di antaranya:

  • Selalu menggunakan charger yang sesuai dengan standar yang disarankan smartphone, charger asli original merupakan yang terbaik.
  • Hindari menggunakan baterai hingga benar-benar habis, apabila dibiasakan maka umur baterai akan pendek.
  • Hindari over charging, yang mana device di-charge terlalu lama. Walaupun device saat ini telah mempunyai pemutus arus saat device sudah ter-charge penuh, namun membiarkannya belasan jam terkoneksi ke charger maka tidak disarankan.
  • Jangan biarkan device berada di suhu udara yang terlampau panas, seperti lama terjemur di dashboard mobil.
  • Apabila device akan disimpan dalam waktu yang lama dan tidak digunakan, charge lah sekitar 50 persen, lalu matikan, dan ulangi pengisian tersebut setiap 2-3 minggu.
  • Apabila sering memakai power bank atau sering charging pendek tanpa penuh, maka sebaiknya setidaknya sepekan sekali device di-charge memakai charger bawaannya hingga penuh.

 

Terima kasih telah mengunjungi website kami.

Share jika bermanfaat, jika ada kritik, tambahan, pertanyaan atau saran silakan hubungi kami atau silakan isi di kolom komentar.

Referensi :
Gambar oleh mhoppsy dari Pixabay

Postingan Terkait

Komentar

Leave a Comment

Your email address will not be published. Required fields are marked *

This site is protected by reCAPTCHA and the Google Privacy Policy and Terms of Service apply.

Scroll to Top