Gimana Ya Merawat Baterai HP Yang Benar ?

8 October 2019
Merawat Baterai HP

Gimana Ya Merawat Baterai HP Yang Benar ?. Baterai merupakan komponen yang cukup penting dari perangkat elektronik sekarang ini yang termasuk handphone (hp). Namun, baterai mempunyai masa hidup tertentu.

Pada prinsipnya, baterai lithium-ion yang sekarang ini banyak digunakan dalam smartphone memang mempunyai usia pakai. Sehingga, seiring dengan berjalannya waktu maka kemampuan baterai untuk menyimpan daya akan semakin berkurang.

Namun, kebiasaan menggunakan ponsel dan juga cara mengisi alias nge-charge baterai yang salah, dapat mengakibatkan masa pakai baterai semakin pendek.

Cara Merawat Baterai HP

Berikut ini beberapa tips dalam merawat dan menjaga kesehatan baterai supaya berumur panjang.

1. Hindari Suhu Ekstrem

Suhu ekstrem seperti terlalu panas atau dingin bisa mengurangi kemampuan baterai dalam menyimpan energi. Apple menyarankan suhu yang baik bagi baterai yaitu 16 sampai 22 derajat Celcius.

Sebaiknya baterai ponsel tidak dipapar suhu yang lebih dari 35 derajat Celciusatau berada di daerah atau lingkungan yang sangat panas.

2. Jangan Menyimpan di Freezer

Samsung menyarankan pengguna agar tidak menyimpan baterai ponsel yang masih baik ke dalam freezer.

Tips Menjaga Kesehatan Baterai Handphone (HP)

3. Hindari Menggunakan Ponsel Saat Di Cas

Karena baterai ponsel tidak tahan panas, maka sebaiknya tidak menggunakan ponsel ketika sedang mengisi daya. Hindari mengisi ketika sedang bermain game ataupun menonton video.

Biasanya baterai akan menjadi lebih cepat panas dalam proses pengisian. Jika ponsel digunakan untuk bermain game dan digunakan secara intensif, atau aktivitas berat lain yang bisa menyebabkan baterai cepat panas, maka hal ini akan memperburuk kesehatan baterai.

Kebiasaan seperti ini akan membuat baterai cepat panas dan mengurangi kemampuannya dalam menyimpan daya. Selain membuat baterai lebih panas, kebiasaan seperti ini juga akan merusak sebagian sel baterai. Istilah teknis dalam hal ini yaitu pengisian parasit (parasitic load).

Pengisian daya parasit buruk untuk sel baterai sebab baterai akan mengalami siklus mini pengisian dan pengosongan daya yang akan mengurangi umur baterai.

4. Ponsel Yang Tidak Digunakan Sebaiknya Baterai Terisi 30-50%

Ketika ponsel tidak digunakan dalam jangka waktu yang cukup lama maka kapasitas baterai yang direkomendasikan adalah 30-50%. Hal ini akan menjaga baterai tetap prima.

5. Jangan Sampai Baterai Di Bawah 20%

Sebaiknya baterai tidak dibiarkan kurang dari 20%. Tipe baterai yang lebih jadul seperti NiCd ataupun NiMH memang disarankan agar sering mengosongkan baterai supaya menjaga kapasitas baterai tetap 100%. Namun, tidak demikian dengan baterai Li-ion yang sekarang ini banyak dipakai untuk smartphone.

 

Terima kasih telah mengunjungi website kami.

Share jika bermanfaat, jika ada kritik, tambahan dan saran silakan hubungi kami atau silakan isi di kolom komentar/review.

Postingan Terkait

Komentar

Leave a Comment

Your email address will not be published. Required fields are marked *

This site is protected by reCAPTCHA and the Google Privacy Policy and Terms of Service apply.

Scroll to Top