12 Jenis Situs Web Populer Yang Sering Ditemui

9 November 2019
Jenis Situs Web Populer

Berikut 12 Jenis Situs Web Populer Yang Sering Ditemui. Web itu sangat banyak, Ada miliaran situs web daring yang semuanya bersaing supaya mendapatkan trafik pengunjung setiap hari.

Dari sekian banyak website di internet maka bisa dikelompokan menjadi sejumlah kategori atau jenis website. Berikut adalah 12 jenis situs web paling populer yang akan sering dilihat. Meskipun terdapat beberapa web yang tumpang tindih antara kategori yang berbeda,namun secara umum setiap jenis situs web memiliki tujuan tertentu untuk dicapai.

12 Jenis Situs Web Populer

1. Situs Web E-commerce

Situs web e-commerce adalah sebuah situs web dimana orang bisa langsung membeli suatu produk. Mungkin ada yang pernah menggunakan sejumlah situs web e-commerce sebelumnya. Situs web ini memiliki ciri yaitu mempunyai keranjang belanja dan memberikan informasi kartu kredit untuk melakukan pembelian.

Jika membuat situs web yang bertujuan untuk bisnis dan berencana untuk menjual suatu produk melalui situs, maka jenis ini adalah jenis situs web yang perlu dibangun.

2. Situs Web Bisnis

Situs web bisnis adalah suatu situs web yang bertujuan untuk mewakili bisnis tertentu. Sekarang, setiap pelaku bisnis memiliki situs web, jika tidak memiliki maka akan terkesan bisnis kurang profesional atau sah.

Situs web e-commerce adalah situs web bisnis, tetapi juga bisa memiliki situs web bisnis yang tidak menjual apa pun secara langsung, melainkan mendorong pengunjung untuk menghubungi agar mendapatkan lebih banyak informasi atau datang ke toko jika mereka tertarik menjadi pelanggan.

3. Website Hiburan

Jenis website ini ini bertujuan hiburan yang bisa berupa situs humor, webcomics, atau hanya situs web dengan konten menyenangkan atau menarik. Sebagian besar situs web ini bertujuan untuk menghasilkan uang seperti halnya yang dilakukan situs web bisnis dan e-commerce. Tetapi biasanya melalui iklan yang muncul di laman daripada melalui penjualan produk atau layanan tertentu.

12 Jenis Situs Web Populer

4. Website Portofolio

Website portofolio adalah situs yang bertujuan untuk menampilkan contoh pekerjaan sebelumnya. Penyedia layanan yang ingin menunjukkan kepada klien potensial kualitas pekerjaan yang mereka berikan maka dapat menggunakan situs web portofolio. Dengan website ini maka bisa mengumpulkan beberapa sampel terbaik dari pekerjaan sebelumnya yang telah dulakukan.

Pada jenis situs web ini lebih mudah dibuat daripada situs web bisnis dan juga lebih fokus pada tugas tertentu seperti mengumpulkan sampel pekerjaan.

5. Situs Web Media

Situs web media mengumpulkan berita atau pelaporan lainnya. Ada beberapa yang tumpang tindih dengan situs web hiburan, tetapi situs web media lebih cenderung ke berita.

Pada umumnya Situs Web Media menghasilkan uang melalui iklan yang muncul di situs, berlangganan, atau kombinasi keduanya. Banyak situs web media adalah cabang online dari properti media dalam bentuk lain, seperti saluran TV atau majalah cetak dan surat kabar.

6. Website Brosur

Adalah bentuk sederhana dari situs web bisnis, yang hanya mencakup beberapa halaman yang menjabarkan informasi.

7. Situs Web Nirlaba

Merupakan cara termudah bagi banyak organisasi nirlaba untuk menarik para donatur atau memberikan informasi tentang organisasi.

8. Website Pendidikan

Memiliki tujuan utama untuk menyediakan materi pendidikan atau memberikan informasi tentang lembaga pendidikan kepada pengunjung. Beberapa situs web pendidikan memiliki iklan seperti halnya situs web hiburan dan media. Beberapa menawarkan model berlangganan atau produk pendidikan untuk pembelian.

9. Situs Web Infopreneur

Mirip dengan situs web bisnis dan e-niaga, tetapi Infopreneur membuat dan menjual produk informasi seperti kursus, tutorial, video atau ebook.

Jenis Website Populer Lainnya

10. Website Pribadi

Tidak semua Website yang ada bertujuan untuk menghasilkan uang dengan cara tertentu. Banyak orang membuat situs web pribadi untuk mengeluarkan pemikiran mereka sendiri ke dunia. Kategori ini meliputi blog pribadi, vlog, dan buku harian foto yang dibagikan.

Terkadang situs web ini bisa berubah menjadi sesuatu yang menghasilkan uang apabila menjadi cukup populer.

11. Portal Web

Dirancang untuk keperluan internal di bisnis, organisasi, atau institusi yang pada umumnya dengan pemrograman dan desain yang lebih rumit.

12. Situs Wiki atau Forum Komunitas

Kebanyakan orang mengetahui wiki dari contoh yang paling terkenal yaitu Wikipedia. Wiki adalah situs web di mana berbagai pengguna dapat berkolaborasi dalam konten dan semuanya membuat perubahan sesuai keinginan mereka.

 

Terima kasih telah mengunjungi website kami.

Share jika bermanfaat, jika ada kritik, tambahan dan saran silakan hubungi kami atau silakan isi di kolom komentar.

Postingan Terkait

Komentar

Leave a Comment

Your email address will not be published. Required fields are marked *

This site is protected by reCAPTCHA and the Google Privacy Policy and Terms of Service apply.

Scroll to Top