Apa Itu Kode Status HTTP Dan Apa Artinya?

31 December 2019

Apa itu kode status HTTP dan apa artinya dari masing-masing kode tersebut?. Kode status HTTP adalah respons server terhadap permintaan browser. Ketika Sobat mengunjungi situs web, browser Sobat mengirimkan permintaan ke server situs. Server kemudian menanggapi permintaan browser dengan kode 3 digit: kode status HTTP.

Kode status ini adalah untuk percakapan antara browser Sobat dengan server. Mereka berkomunikasi apakah hal-hal di antara keduanya baik-baik saja, sentuh-dan-pergi, atau apakah ada sesuatu yang salah. Memahami kode status dan cara menggunakannya akan membantu Sobat mendiagnosis kesalahan situs dengan cepat untuk meminimalkan waktu henti di situs Sobat.

Sobat bahkan dapat menggunakan beberapa kode status ini untuk membantu mesin pencari dan orang-orang mengakses situs Sobat. Misalnya 301 redirect, akan memberi tahu bot dan orang-orang bahwa halaman telah pindah ke tempat lain secara permanen.

Digit pertama dari setiap kode status 3 digit tersebut dimulai dengan 1 sampai 5; Sobat mungkin melihat ini dinyatakan sebagai 1xx atau 5xx untuk menunjukkan kode status dalam rentang itu. Masing-masing rentang tersebut mencakup kelas yang berbeda dari respons server.

Kelas kode status umum:

1xxs – Respons informasi: Server memikirkan permintaan.

2xxs – Sukses! Permintaan berhasil diselesaikan dan server memberi respons yang diharapkan pada browser.

3xxs –Redirection: Sobat dialihkan ke tempat lain. Permintaan diterima, tetapi ada semacam pengalihan.

4xxs – Kesalahan klien: Halaman tidak ditemukan. Situs atau halaman tidak dapat dihubungi. (Permintaan itu dibuat, tetapi halaman itu tidak valid – ini adalah kesalahan di sisi situs web dari percakapan dan sering muncul ketika halaman tidak ada di situs.)

5xxs – Kesalahan server: Kegagalan. Permintaan yang valid dibuat oleh klien tetapi server gagal menyelesaikan permintaan.

Kode status paling penting untuk SEO

Penting bagi setiap SEO profesional dan pemilik situs web untuk memahami kode status yang memiliki dampak terbesar pada SEO.

Bayangkan Sobat bekerja di situs yang menunjukkan banyak kesalahan 5xx; Sobat mungkin ingin tahu bahwa ini adalah masalah server. Kesalahan 4xx memengaruhi pengalaman pengunjung. Jadi segera Sobat mulai berpikir tentang perubahan apa pun yang mungkin Sobat lakukan pada URL Sobat, atau apakah Sobat memiliki halaman yang dihapus.

Setelah Sobat memahami penyebab masalah ini, Sobat dapat melihat menerapkan halaman 404 kustom, atau menggunakan pengalihan 301 yang sangat kuat untuk mengirim pengunjung ke tempat yang tepat.

Kode Status HTTP 200 – OK

Ini adalah kode status ideal Sobat untuk halaman normal, sehari-hari, dan berfungsi dengan baik. Pengunjung, bot, dan ekuitas tautan melewati halaman yang ditautkan seperti mimpi. Sobat tidak perlu melakukan apa pun dan Sobat dapat dengan senang hati menjalani hari dengan aman karena mengetahui bahwa semuanya berjalan sebagaimana mestinya.

Kode Status HTTP 301 – Redirect Permanen

Pengalihan 301 harus digunakan setiap kali satu URL perlu diarahkan ke yang lain secara permanen. Pengalihan 301 berarti bahwa pengunjung dan bot yang mendarat di halaman itu akan diteruskan ke URL baru. Meskipun berbicara dari Google bahwa semua pengalihan 3xx diperlakukan sama, tes menunjukkan ini tidak sepenuhnya benar. Pengalihan 301 tetap menjadi metode pilihan yang disukai untuk pengalihan halaman permanen.

Arti Status Codes

Kode Status HTTP 302 – Pengalihan Sementara

Redirect 302 mirip dengan 301 di mana pengunjung dan bot diteruskan ke halaman baru. Kami tidak merekomendasikan penggunaan 302 arahan ulang untuk perubahan permanen.

Kode Status HTTP 404 – Tidak Ditemukan

Ini berarti file atau halaman yang diminta oleh browser tidak ditemukan oleh server. 404-an tidak menunjukkan apakah halaman atau sumber daya yang hilang hilang secara permanen atau hanya sementara. Sobat dapat melihat seperti apa ini di situs Sobat dengan mengetikkan URL yang tidak ada.

Kode Status HTTP 410 – Hilang

410 lebih permanen daripada 404 yang artinya halaman itu hilang. Halaman tidak lagi tersedia dari server.

Kode Status HTTP 500 – Kesalahan Server Internal

Kode status ini menunjukkan masalah dengan server. 500 adalah kesalahan server klasik dan akan memengaruhi akses ke situs Sobat.

Pengunjung manusia dan bot sama-sama akan hilang. Mesin telusur lebih suka situs yang dirawat dengan baik, jadi Sobat ingin menyelidiki kode status ini dan memperbaikinya dengan segera setelah Sobat menemukannya.

Kode Status HTTP 503 – Layanan Tidak Tersedia

Variasi lain dari 500 adalah respons 503 yang berarti server tidak tersedia. Setiap orang (manusia atau bukan) diminta untuk kembali lagi nanti. Ini bisa disebabkan oleh server berlebihan atau pemeliharaan server.

Kode status 503 memastikan bahwa mesin pencari tahu akan segera kembali karena halaman atau situs hanya akan turun untuk waktu yang singkat.

 

Terima kasih telah mengunjungi website kami.

Share jika bermanfaat, jika ada kritik, tambahan dan saran silakan hubungi kami atau silakan isi di kolom komentar/review.

Postingan Terkait

Komentar

Leave a Comment

Your email address will not be published. Required fields are marked *

This site is protected by reCAPTCHA and the Google Privacy Policy and Terms of Service apply.

Scroll to Top