Cara Membersihkan Cache Aplikasi Di Android

5 November 2019
Membersihkan Cache Aplikasi Android

Dalam kesempatan kali ini kami akan berbagi Cara Membersihkan Cache Aplikasi Di Android. Apabila smartphone Android terasa semakin lamban dan berat ketika membuka suatu aplikasi maka kemungkinan karena cache. Yap, karena besarnya volume cache yang telah banyak tersimpan di dalam perangkat.

Apa itu Cache?

Sebelum membahas cara mengatasi smartphone yang lamban maka terlebih dahulu apa yang dimaksud dengan Cache itu. Cache adalah sebuah file yang dibuat untuk menyimpan data sementara di dalam smartphone.

Pada dasarnya fungsi utama cache adalah untuk membantu mempercepat loading pada sebuah halaman situs atau performa transfer data di suatu aplikasi. Namun, cache akan terus menumpuk seiring dengan jumlah aplikasi yang dimiliki dan situs yang dikunjungi via browser.

Meskipun di beberapa aplikasi dan browser mempunyai sistem yang secara otomatis akan menghapus cache tersebut dalam jangka waktu tertentu. Namun kadang kala terjadi suatu masalah sehingga membuat cache tidak terhapus otomatis.

Semakin besar volume cache yang tersimpan maka semakin besar pula beban pada kapasitas memori perangkat apalagi jika terdapat cache yang rusak. Sebaiknya secara berkala menghapus cache agar smartphone kembali lancar dan tidak lagging lagi.

Cara Membersihkan Cache Aplikasi Di Android

1. Membersihkan Semua Cache

Apabila smartphone Android terasa lamban maka salah satu langkah yang bisa diterapkan yaitu dengan menghapus atau membersihkan semua cache dari segala aplikasi yang dimiliki.

Bagi yang menggunakan perangkat OS Android 4.2 Jelly Bean dan ke atas maka bisa mengikuti langkah berikut untuk membersihkan semua cache.

  1. Buka menu Settings/pengaturan dan pilih Storage/penyimpanan.
  2. Tekan informasi “Cached Data/Data dalam cache” sampai muncul pop-up untuk menghapus cache dari semua aplikasi.
  3. Tekan tombol OK untuk menghapus.

2. Menghapus Cache Di Aplikasi

Jika ingin menghapus atau membersihkan cache di salah satu aplikasi dan tidak menghapus cache aplikasi lain maka bisa mengikuti langkah berikut.

  1. Buka menu Settings/pengaturan, pilih Apps atau Application Manager atau aplikasi.
  2. Pilih salah satu Aplikasi yang ingin dibersihkan cache-nya.
  3. Tekan tombol “Clear/hapus cache” untuk membersihkannya.

bersihkan cache aplikasi

Terima kasih telah mengunjungi website kami.

Share jika bermanfaat, jika ada kritik, tambahan dan saran silakan hubungi kami atau silakan isi di kolom komentar.

Postingan Terkait

Komentar

Leave a Comment

Your email address will not be published. Required fields are marked *

This site is protected by reCAPTCHA and the Google Privacy Policy and Terms of Service apply.

Scroll to Top