Apakah Charging Semalaman Membuat Smartphone Rusak ?

5 January 2021
Apakah Charging Semalaman Membuat Smartphone Rusak

Apakah Charging Semalaman Membuat Smartphone Rusak

Baik rekan-rekan teknologi[dot]visitklaten[dot]com, dalam kesempatan kali ini kami akan berbagi tentang Apakah Charging Semalaman Membuat Smartphone Rusak ?

Ponsel sekarang mempunyai chip yang bisa mengatur aliran listrik yang masuk dan memantau proses selama charging. Chip tersebut dinamakan Power Management Integratec Circuit atau disingkat PMIC. Ketika baterai sudah penuh, chip tersebut akan memutus arus yang masuk.

Charging Semalaman Membuat Smartphone Rusak ?

Jadi tidak apa-apa jika ponsel ditinggal charging selama tidur, sebab smartphone didesain menyesuaikan kebiasaan manusia. Selama ini banyak orang masih menggunakan ponsel di tempat tidur, dan pada umumnya baru men-charge ponsel saat berangkat tidur. Untuk itulah maka ponsel dibuat dengan teknologi untuk tetap bisa aman sewaktu di-charging dan ditinggal tidur.

Agar bisa mengetahui apakah arus benar terputus ketika charging penuh, maka terdapat alat elektronik kecil yang dapat memantau besar tegangan dan arus ketika charging. dan sewaktu ponsel penuh maka angka tegangan dan arus ini menjadi nol.

Apabila ingin mengecek tanpa alat maka cukup mudah, saat ponsel di charge pada umumnya akan hangat atau panas, lantas ditinggal tidur. Dan besok pagi ketika bangun maka silakan coba pegang ponselnya, pada umumnya dingin tidak terasa hangat. Hal tersebut berarti proses charging memang terhenti ketika penuh.

Sekarang ponsel-ponsel baru bahkan mempunyai chip di smartphone dan charger, untuk optimalisasi proses charging dan keamanan.

Apabila sangat perhatian terhadap daya tahan dan umur baterai, maka yang lebih penting adalah kualitas charger, kabel, dan waktu harus men-charge ponsel. Membiarkan ponsel habis baterai kemudian baru di charge, maka akan memperpendek umur baterai.

Apakah Saat Di Charge, Ponsel Bisa Meledak ?

Pengamat gadget yakni Lucky Sebastian secara teknis menjelaskan bahwa ponsel yang di-charge, baik itu sedang dipakai ataupun tidak, kemunginan meledak bisa saja terjadi apabila terdapat sistem yang salah. Karena ketika di-charge, di dalam baterai terjadi reaksi kimia dan menghasilkan panas.

Saat di-charge dan digunakan maka panas yang dihasilkan memang dapat berlebih. Karena prosesor sedang bekerja, sedangkan baterai sendiri juga menghasilkan panas dari proses charging tersebut.

Namun, rata-rata smartphone sekarang ini telah cukup pintar. Saat smartphone sedang di-charge dan digunakan maka chip pengatur charging akan memperlambat proses charging. Apalagi ponsel yang telah menerapkan teknologi fast charging maka panas yang dihasilkan tidak akan berlebih.

Apabila panas melebihi batas maka pasti akan ada peringatan jika device overheating.

 

Terima kasih telah mengunjungi website kami.

Share jika bermanfaat, jika ada kritik, tambahan, pertanyaan atau saran silakan hubungi kami atau silakan isi di kolom komentar.

Referensi :
Gambar oleh Mahesh Patel dari Pixabay

Postingan Terkait

Komentar

Leave a Comment

Your email address will not be published. Required fields are marked *

This site is protected by reCAPTCHA and the Google Privacy Policy and Terms of Service apply.

Scroll to Top