9 Hal Yang Perlu Dilakukan Sebelum Mengubah Tema WordPress

22 November 2019
Mengubah Tema WordPress

Berikut beberapa hal yang sebaiknya perlu dilakukan sebelum mengubah tema wordpress. Jika telah menggunakan WordPress maka mungkin sesekali perlu mengganti tema. Namun apabila tidak diganti maka itu lebih baik. Salah satu kelebihan WordPress adalah sangat mudah bagi pengguna untuk mengubah tema yang secara garis besarnya hanya tinggal klik saja.

Akan tetapi mengubah tema jauh lebih dari sekadar mengklik mengaktifkan. Dalam artikel kali ini, kami akan mencoba memberi daftar hal-hal yang sebaiknya perlu dilakukan sebelum mengubah tema WordPress. Langkah-langkah ini cukup penting untuk memastikan agar prosesnya berjalan lancar, jika tidak maka kemungkinan bisa kehilangan elemen yang tidak ingin dihilangkan.

Apa saja hal yang perlu dilakukan tersebut?

1. Tulis Catatan tentang Tema Saat Ini

Banyak pengguna WordPress menjelajah web agar menemukan solusi dalam masalah yang mereka temui. Seringkali mereka menemukan solusi tersebut dalam bentuk potongan yang ditambahkan secara manual ke dalam tema seperti di functions.php atau file lain.

Karena perubahan ini dilakukan sekali, maka orang cenderung tidak mengingatnya. Telusuri file tema dan catat semua kode tambahan yang telah ditambahkan.

2. Perhatikan Sidebars

Sebaiknya dipastikan bahwa tema baru tersedia widget. Widget bilah samping sangat mudah digunakan, oleh karena itu banyak pengguna menggunakannya. Sidebar adalah salah satu area situs WordPress yang paling disetting untuk pengguna.

Orang banyak membuat perubahan seperti menambahkan teks khusus, gambar, tautan, iklan, dan widget lainnya. Jika menggunakan tema yang mengaktifkan widget, kemudian beralih ke tema yang tidak tersedia widget, maka bisa jadi akan kehilangan semua hal tersebut. Apabila menggunakan tema WordPress yang mendukung widget, maka hal ini tidaklah menjadi suatu masalah.

Apa pun yang dimodifikasi dalam file sidebar.php dari tema lama akan ditimpa. Jadi pastikan untuk menambahkan kode-kode tersebut di sidebar tema baru.

3. Jangan sampai fitur pelacakan hilang

Kebanyakan blogger menggunakan semacam fitur analitik seperti Google Analytics atau layanan lainnya. Kebanyakan tidak menggunakan plugin untuk menambahkan kode pelacakan tersebut. Beberapa pengguna membuka file footer.php kemudian memodifikasi kodenya.

Sebaiknya menyalin kemudian menempelkan kode pelacakan tersebut ke tema baru karena hal ini adalah salah satu hal yang sering diabaikan oleh pengguna. Karena sangat sederhana kebanyakan melupakannya.

4. Backup

Agar tidak kehilangan apa pun ketika meruba tema sebaiknya membuat cadangan atau backup. Sebagai tindakan pencegahan, sebaiknya perlu membuat cadangan semua file tema, plugin, dan database. Meskipun yang diharapkan tidak ada kesalahan atau error.

Hal Yang Perlu Dilakukan Sebelum Mengubah Tema WordPress

5. Maintenance Mode

Mungkin anda tidak ingin pengunjun web melihat ketika melakukan peralihan karena situs akan terlihat rusak atau semacamnya. Yang terbaik adalah menyalakan Maintenance Mode selama 15 sampai 20 menit hingga semuanya berfungsi dengan baik.

6. Menguji semua fungsi dan plugin

Setelah mengaktifkan tema baru, sebaiknya perlu memastikan bahwa semua fungsi dan plugin masih berfungsi. Cek semua fitur seperti komentar, single post pages, pencarian, halaman 404, halaman arsip, halaman kontak dll. Pastikan semua widget masih ada dan berfungsi.

7. Kompatibilitas Lintas Browser

Uji situs di semua browser yang dapat diakses. Setiap browser memiliki sistem yang berbeda yang kadang membuat tampilan web menjadi rusak di salah satu browser namun bagus di browser lainnya. Khusus Internet Explorer.

8. Biarkan Pengunjung Tahu

Matikan Maintenance Mode, dan tulis posting blog cepat untuk memberi tahu pengunjung. Dengan memberi tahu pengunjung maka diharapkan akan mendapatkan laporan bug. Jika pengunjung memberitahu sebuah kerusakkan maka minta untuk mengambil tangkapan layar masalah tersebut. Sehingga dapat melihat masalah dan mencoba untuk memperbaikinya.

9. Dengarkan saran dari pembaca atau pengunjung

Saat desain baru keluar, pengunjung terkadang memiliki saran. Mereka suka akan fitur tertentu, atau benci dengan fitur tertentu. Lihat apa yang ingin mereka lihat agar lebih baik, kemudian kerjakan untuk menyelesaikannya.

Itulah 9 hal yang sebaiknya perlu dilakukan sebelum mengubah tema wordpress. Apabila pembaca teknologi.visitklaten.com mempunyai daftar sendiri maka itu adalah hal yang luar biasa. Apabila bersedia mungkin bisa berbagi daftar tersebut dengan kami.

 

Terima kasih telah mengunjungi website kami.

Share jika bermanfaat, jika ada kritik, tambahan dan saran silakan hubungi kami atau silakan isi di kolom komentar.

Postingan Terkait

Komentar

Leave a Comment

Your email address will not be published. Required fields are marked *

This site is protected by reCAPTCHA and the Google Privacy Policy and Terms of Service apply.

Scroll to Top