Apakah Penting Untuk Memperbarui WordPress, Plugin, Dan Tema?

20 October 2019
Sejarah WordPress

Apakah Penting Untuk Memperbarui WordPress, Plugin, Dan Tema?. WordPress adalah CMS atau Sistem Manajemen Konten yang kuat dan memberi antarmuka administratif yang intuitif untuk mengelola konten situs web.

Awalnya dikembangkan sebagai perangkat lunak blog, Kemudian WordPress berkembang secara cepat menjadi salah satu CMS yang paling populer dan banyak digunakan di seluruh dunia untuk bisnis dan blogger.

Manfaat Memperbarui WordPress

Jadi mengapa harus memperbaruinya secara teratur? Berikut ini ikhtisar alasannya

1. Perbaikan Keamanan & Bug

WordPress adalah platform open source yang gratis. Sehingga memungkinkan pengembang untuk memperluas fungsionalitasnya dengan membuat plugin dan tema yang terintegrasi dengan perangkat lunak. Karena kode sumber tersedia untuk masyarakat umum, maka tidak butuh waktu yang lama bagi peretas untuk menemukan dan mengeksploitasi kerentanan keamanan.

Untuk mengatasi masalah tersebut, maka tim pengembangan WordPress secara teratur menyediakan pembaruan keamanan dan perbaikan bug. Terkadang pembaruan ini kaya dengan fitur dan fungsi baru serta sebagian besar memperbaiki bug dan kerentanan keamanan.

Jadi mengabaikan pembaruan WordPress berarti tidak hanya mengambil risiko diretas, namun juga mungkin kehilangan fitur / peningkatan baru.

2. Kecepatan

Rilis baru pada umumnya disertai kemampuan untuk meningkatkan kecepatan situs web. Kecepatan adalah faktor penting dalam SEO dan peningkatan waktu pemuatan laman bisa memainkan peran besar dalam menjaga pengunjung betah di situs web. Dengan memperbarui WordPress maka akan memastikan menerima manfaat kinerja yang maksimal.

Kerugian Update WordPress

Jadi … Apa kerugiannya?

Menjalankan situs WordPress melibatkan berbagai plugin pihak ketiga dan tema yang berjalan. Masing-masing komponen ini akan dibangun supaya kompatibel dengan versi terbaru WordPress pada saat dirilis. Apabila plugin dan tema tidak diperbarui secara teratur maka mungkin tidak bisa lagi kompatibel dengan versi terbaru WordPress. Sehingga bisa merusak situs web.

Eiitsss – jangan takut! Ada solusinya!

Simpanlah cadangan situs web secara teratur untuk memelihara dan memperbarui situs web secara berkala. Jika pemutakhiran menyebabkan situs rusak, maka bisa dikembalikan dengan cadangan terbaru tadi dan kemudian mencari tahu plugin atau tema mana sekiranya yang tidak kompatibel.

Sangat disarankan saat memilih plugin dan tema untuk dibeli atau diunduh sebaiknya dari sumber yang memiliki reputasi baik dan memiliki riwayat pembaruan versi yang jelas. Sehingga kemungkinan selalu diperbarui akan semakin besar sehingga memudahkan dalam update.

Kesimpulan

Memperbarui situs web WordPress bisa berpotensi bermasalah. Namun, apabila terlalu lama tidak diperbarui maka akan meningkatkan risiko diretas, kehilangan data, dan peningkatan kemungkinan masalah kompatibilitas.

Menjaga situs web WordPress diperbarui secara teratur akan memastikan bahwa;

  • Situs web aman dari ancaman peretas dan malware
  • Data tetap utuh
  • Situs web tetap berfungsi dan tidak mengalami downtime
  • Situs web lebih cepat dan bebas dari bug
  • Mendapatkan akses ke fitur-fitur baru yang keren!

Memperbarui WordPress

Terima kasih telah mengunjungi website kami.

Share jika bermanfaat, jika ada kritik, tambahan dan saran silakan hubungi kami atau silakan isi di kolom komentar/review.

Postingan Terkait

Komentar

Leave a Comment

Your email address will not be published. Required fields are marked *

This site is protected by reCAPTCHA and the Google Privacy Policy and Terms of Service apply.

Scroll to Top