Penyebab Dan Cara Mengatasi Rem Matic Blong Ketika Turunan

5 August 2019
Penyebab Rem Matic Blong

Penyebab Dan Juga Cara Mengatasi Rem Sepeda Motor Matic Blong Ketika Turunan. Tidak sedikit pengendara skuter matik mengalami masalah rem blong ketika melintasi jalur turunan yang cukup tajam. Kemungkinan rem sepeda motor mengalami blong saat di turunan itu ada, baik dilengkapi sistem pengereman tromol ataupun cakram.

Penyebab Rem Matic Blong

Ketika turunan dan pengereman tidak bisa mengimbangi kecepatan sepeda motor maka Otomatis pengendara memaksakan full untuk melakukan rem. Karena rem full sehingga mengakibatkan penyerapan panas akan beralih ke kaliper.

Oleh sebab itu maka sealnya akan memuai, sehingga mengakibatkan pistonnya menjadi macet. Jadi saat piston macet maka tidak bisa menekan ke kampas rem agar kendaraan berhenti.

Apabila saat turunan handle rem terus diremas, maka lama kelamaan menyebabkan daya cengkram rem justru akan berkurang.

Melakukan pengereman terlalu lama bisa membuat logam cakram memuai. Sehingga membuat permukaan logam licin dan pengereman menjadi tidak maksimal.

Namun, rem blong itu bisa diakibatkan oleh beberapa faktor. Bisa ketika penggantian kampas lama dengan kampas baru. bisa juga karena posisi minyak rem tidak di-check.

Apabila ketika penggantian rem dan rem tersebut normal. Namun ketika digunakan dan di turunan terjadi blong maka pada biasanya karena penggunaan rem dan kecepatan yang tidak berimbang sehingga terjadi panas.

Cara Mengatasi Rem Matic Blong

Sebaiknya motor dipacu dalam kecepatan rendah ketika pengendara sadar akan ada turunan di depanbya. Apabila sudah di turunan, maka maksimalkan penggunaan rem belakang yang dibantu dengan rem depan secara bertahap. Jangan sampai membiarkan roda terkunci ataupun menggesek piringan terlalu lama.

Selain itu jangan lupa untuk memeriksa kondisi kampas dan oli rem secara rutin. Apabila di turunan maka yang paling aman adalah menggunakan rem belakang.

Apabila menggunakan rem depan maka akan berpotensi roda belakang bisa terangkat. Caranya menggunakan rem belakang dengan ditambah sedikit rem depan, dan diatur juga remnya.

Yang tak kalah penting juga perlu diperhatikan adanya jarak dengan kendaraan di depan. Aturlah jarak yang sekiranya aman sehingga bisa memberi kesempatan melakukan recovery ketika mengerem secara mendadak.

Hal yang kadang kurang disadari, jangan meletakkan jari di atas tuas rem depan. Karena kadang Pengendara yang sudah menekan rem sejak lama, sehingga kampas rem menjadi panas dan blong.

 

Terima kasih telah mengunjungi website kami.

Share jika bermanfaat, jika ada kritik, tambahan dan saran silakan hubungi kami atau silakan isi di kolom komentar/review.

Postingan Terkait

Komentar

Leave a Comment

Your email address will not be published. Required fields are marked *

This site is protected by reCAPTCHA and the Google Privacy Policy and Terms of Service apply.

Scroll to Top