Tips Merawat Baterai Laptop Agar Awet Tahan Lama

25 February 2021
Tips Merawat Baterai Laptop Agar Awet Tahan Lama

Baik rekan-rekan teknologi[dot]visitklaten[dot]com, dalam kesempatan kali ini kami akan berbagi tentang Tips Merawat Baterai Laptop Agar Awet Tahan Lama.

Tips Merawat Baterai Laptop Agar Awet Tahan Lama

Untuk sebagian orang, laptop sekarang menjadi kebutuhan utama. Berbagai kegiatan dapat dilakukan dengan laptop, seperti mengerjakan tugas, kerja, menonton film hingga mendengarkan musik.

Laptop adalah kebutuhan bagi para pelajar, pekerja, bahkan para profesional untuk mengerjakan tugas-tugas mereka. Laptop mempunyai spesifikasi yang beragam yang sesuai dengan harga jual dari laptop tersebut.

Alat elektronik ini memiliki banyak merek dan jenis seperti ASUS TUF Gaming FX505, Acer Chromebook 514, Toshiba Portege X20W, HP 15-bw071ax, ASUS VivoBook A442UQ, Lenovo IdeaPad 320 dan masih banyak yang lainnya.

Agar bisa menunjang semua kegiatan dari laptop, maka pada umumnya selain melihat spek dari laptop, daya tahan baterai juga tak kalah penting menjadi pertimbangan dalam memilih laptop. Ketahanan baterai laptop biasanya tergantung dari pemakaian dan perawatan baterai laptop.

Baterai laptop yang bocor biasanya mengurangi performa laptop. Daripada membeli baru yang harganya cukup mahal lebih baik untuk menjaga baterai laptop. Berikut Ini Tips Merawat Baterai Laptop Agar Awet Tahan Lama.

Tips Merawat Baterai Laptop

1. Mengistirahatkan Ketika Dicharge

Seperti halnya smartphone, menggunakan laptop sambil ngecharge merupakan kebiasaan yang susah ditinggalkan. Padahal, mengistirahatkan adalah suatu langkah agar baterai tidak cepet rusak. Setiap kali ngecharge, maka usahakan diistirahatkan. Sehingga baterai dapat mengisi dayanya secara maksimal.

2. Mengatur Cahaya Rendah

Layar adalah salah satu fitur yang menggunakan banyak daya baterai. Cahaya terlalu terang dapat membuat daya baterai menjadi cepat terkuras. So, setiap pemakaian sebaiknya diatur dengan kontras rendah supaya baterai menjadi awet lebih lama.

3. Meminimalisasikan Pemakaian Aplikasi

Membiarkan laptop menjalankan beberapa aplikasi dalam satu waktu akan membuat laptop bekerja lebih keras yang dapat membuat daya baterainya menjadi lebih cepat terkuras. Oleh sebab itu, sebaiknya menutup semua aplikasi yang tidak digunakan agar baterai laptop awet.

4. Jangan Sampai Overheat

Salah satu penyebab lainnya baterai rusak adalah overheat dari laptop. Pemakaian terlalu lama tanpa laptop fan dapat membuat laptop menjadi overheat. Cara mengatasinya adalah usahakan menggunakan laptop fan agar baterai laptop bisa tahan lama.

5. Mengontrol Waktu Pemakaian

Barang elektronik pada umumnya mempunyai kapasitasnya tersendiri. Jika ingin mempunyai baterai laptop awet, maka harus mengondisikan dengan waktu pemakaian. Pastikan laptop jangan digunakan secara terus menerus dan diselingi waktu istirahat.

6. Menghindari Baterai Habis Total Ataupun Di-Charge Terlalu Lama

Apabila keasyikan main laptop pada umumnya lupa ngecharge dan membiarkan baterai habis total karena asyik nonton film ataupun lainnya. Tanpa disadari, kebiasaan seperti ini dapat membuat baterai laptop cepat rusak. Ketika pemakaian berat, maka usahakan untuk langsung ngecharge saat baterainya masih 50 persen. namun jika pemakaian ringan, maka bisa ditunggu hingga 30 persen.

Begitu juga ngecharge berlebihan. Meninggalkan laptop dicharge padahal baterainya sudah penuh dapat berakibat merusak kinerja baterai. Lebih baik, jika sudah penuh langsung dicabut.

 

Terima kasih telah mengunjungi website kami.

Share jika bermanfaat, jika ada kritik, tambahan, pertanyaan atau saran silakan hubungi kami atau silakan isi di kolom komentar.

Referensi :
Image by headup222 from Pixabay

Postingan Terkait

Komentar

Leave a Comment

Your email address will not be published. Required fields are marked *

This site is protected by reCAPTCHA and the Google Privacy Policy and Terms of Service apply.

Scroll to Top