Situs Web Youtube Untuk Berbagi Video Gratis

13 September 2019
Situs Web Youtube

Situs Web Youtube Untuk Berbagi Video yang mempunya banyak fitur. YouTube adalah sebuah situs web berbagi video gratis yang memungkinkan orang untuk mengunggah, melihat, berlangganan saluran, mengomentari video dan berbagi video.

Situs web ini yang berkantor pusat di San Bruno, negara bagian California dan website resminya adalah https://www.youtube.com/.

3 mantan karyawan PayPal yaitu Steve Chen, Chad Hurley, dan Jawed Karim membuat layanan youtube ini pada bulan Februari 2005. Video YouTube pertama berjudul Me at the zoo yang diunggah pada tanggal 23 April 2005, dan memperlihatkan pendiri Jawed Karim di Kebun Binatang San Diego.

Google kemudian membeli situs tersebut pada bulan November 2006 seharga US $1,65 miliar sehingga YouTube menjadi salah satu anak perusahaan Google.

Konten YouTube terdiri dari berbagai macam konten video media yang dibuat oleh pengguna individu maupun perusahaan. Konten tersebut antara lain klip video, klip acara TV, rekaman audio, video musik, film pendek dan dokumenter, streaming langsung, dan trailer film.

Selain itu juga terdapat konten lainnya seperti video orisinal pendek, blogging video, dan video pendidikan.

Sebagian besar konten yang diunggah di YouTube berasal dari individu, tetapi korporasi media seperti CBS, BBC, Vevo, dan Hulu menawarkan beberapa materi mereka sebagai bagian dari program kemitraan YouTube.

Pengguna yang belum mendaftar maka hanya bisa menonton video, sementara pengguna terdaftar diizinkan untuk mengunggah video dalam jumlah tak terbatas dan bisa menambahkan komentar.

Video yang dianggap berpotensi tidak pantas hanya bisa dilihat oleh pengguna terdaftar yang menyatakan diri mereka setidaknya berusia 18 tahun. Fitur yang mungkin paling disenangi dari pengguna yaitu adanya google adsense yang bisa menghasilkan uang dari video yang diunggah.

Pada bulan Februari 2017, terdapat lebih dari 400 jam konten yang diunggah ke YouTube dalam setiap menit, dan 1 miliar jam konten yang ditonton di YouTube setiap hari.

Beberapa Fitur Youtube

Situs Web Youtube mempunyai banyak fitur didalamnya, antara lain yaitu:

1. Playback

Sebelumnya, agar bisa menonton video YouTube di komputer maka terlebih dahulu harus memasang plug-in Adobe Flash Player di browser. Di bulan Januari 2010, YouTube kemudian meluncurkan versi eksperimental dari situs yang memanfaatkan kemampuan multimedia bawaan browser web yang mendukung standar HTML5.

Hal ini memungkinkan video bisa dilihat tanpa memerlukan memasang plug-in Adobe Flash Player ataupun plug-in lainnya. Selanjutnya 27 Januari 2015, YouTube mengumumkan bahwa HTML5 menjadi metode pemutaran default di browser yang didukung.

2. Uploading/Pengunggahan

Semua pengguna terdaftar YouTube bisa mengunggah video berdurasi hingga 15 menit. Pengguna yang mempunyai rekam jejak yang baik maka bisa mengunggah video hingga 12 jam.

Selain itu bisa streaming langsung namun memerlukan verifikasi akun yang biasanya melalui ponsel. Format video yang bisa diunggah di youtube antara lain AVI, MP4, WebM, 3GP, MPEG-PS, Format File QuickTime dan FLV.

3. Kualitas dan codec

YouTube pada awalnya menawarkan video hanya dalam 1(satu) tingkat kualitas, ditampilkan dalam resolusi 320×240 piksel menggunakan Sorenson Spark codec(varian H.263) dengan audio MP3 mono.

Pada bulan Juni 2007, YouTube menambahkan pilihan untuk menonton video dalam format 3GP di ponsel. Maret 2008, ditambahkan mode berkualitas tinggi yang meningkatkan resolusi menjadi 480×360 piksel.

Desember 2008, ditambahkan dukungan HD 720p dan pemutar YouTube diubah dari rasio aspek 4:3 menjadi layar lebar 16:9. November 2009, ditambahkan dukungan HD 1080p.

Bulan Juli 2010, YouTube mengumumkan telah meluncurkan berbagai video dalam format 4K yang mempunyai resolusi hingga 4096×3072 piksel. Maret 2015, ditambahkan dukungan untuk resolusi 4K dengan video diputar pada 3840×2160 piksel.

Kemudian pada bulan Juni 2015, ditambahkan dukungan untuk resolusi 8K yang mempunyai resolusi hingga 7680 × 4320 piksel. Selanjutnya pada bulan November 2016, ditambahkan dukungan untuk video HDR.

Fitur Situs Web Youtube Lainnya

4. Streaming langsung

Situs Web Youtube melakukan eksperimen awal dengan streaming langsung salah satunya adalah konser oleh U2 pada 2009 dan sesi tanya jawab dengan Presiden AS Barack Obama pada Februari 2010. September 2010, YouTube mulai menguji infrastruktur streaming langsungnya sendiri dan bulan April 2011 maka YouTube mengumumkan peluncuran YouTube Live di URL “www.youtube.com/live”.

Mei 2013, pembuatan streaming langsung dibuka untuk pengguna terverifikasi kemudian bulan Februari 2017, streaming langsung diperkenalkan ke aplikasi seluler YouTube resmi. Selanjutnya di bulan Februari 2017, diperkenalkan fitur streaming langsung yang disebut Super Chat yang memungkinkan pemirsa untuk menyumbang antara $1 sampai $500 untuk komentar mereka disorot.

5. Video 3D

Dalam sebuah video yang diposting pada tanggal 21 Juli 2009, seorang insinyur perangkat lunak YouTube yaitu Peter Bradshaw mengumumkan bahwa pengguna YouTube dapat mengunggah video 3D. Mei 2011, versi HTML5 pemutar YouTube mulai mendukung rekaman 3D yang kompatibel dengan Nvidia 3D Vision.

6. Video 360 derajat

Pada bulan Januari 2015, Google mengumumkan bahwa youtube akan mendukung video 360 derajat secara asli. 13 Maret 2015, YouTube kemudian mengaktifkan video 360° yang bisa dilihat dari Google Cardboard yaitu sistem realitas virtual.

7. Lokalisasi

19 Juni 2007, CEO Google yaitu Eric Schmidt melakukan perjalanan ke Paris untuk meluncurkan sistem pelokalan baru. Antarmuka situs web tersedia dengan versi lokal di 102 negara, satu wilayah(Hong Kong) dan versi dunia.

Antarmuka YouTube berdasarkan alamat IP pengguna yang dalam beberapa kasus akan pesan “Video ini tidak tersedia di negara Anda” karena batasan hak cipta atau konten yang tidak pantas.

Fitur Youtube Lainnya Yang Tak Kalah Keren

8. YouTube Premium

YouTube Premium yang sebelumnya YouTube Red adalah layanan berlangganan premium YouTube. Menawarkan streaming bebas iklan, akses ke konten eksklusif, pemutaran video latar belakang dan offline di perangkat seluler, serta akses ke layanan Google Play Music “All Access”.

Awalnya YouTube Premium diumumkan pada tanggal 12 November 2014 sebagai “Music Key”. 28 Oktober 2015, layanan ini diluncurkan kembali sebagai YouTube Red, menawarkan streaming bebas iklan dari semua video, dan akses ke konten asli yang eksklusif.

9. YouTube Go

Aplikasi Android yang bertujuan agar YouTube lebih mudah diakses di perangkat seluler di pasar negara berkembang. Memungkinkan video untuk diunduh dan dibagikan dengan pengguna lain melalui Bluetooth dan melihat pratinjau video. Dan menawarkan lebih banyak opsi untuk kontrol data seluler dan resolusi video.

10. YouTube Music

22 Mei 2018 diluncurkan sebuah platform streaming musik yang bernama “YouTube Music”.

 

Terima kasih telah mengunjungi website kami.

Share jika bermanfaat, jika ada kritik, tambahan dan saran silakan hubungi kami atau silakan isi di kolom komentar/review.

Postingan Terkait

Komentar

1 thought on “Situs Web Youtube Untuk Berbagi Video Gratis”

Leave a Comment

Your email address will not be published. Required fields are marked *

This site is protected by reCAPTCHA and the Google Privacy Policy and Terms of Service apply.

Scroll to Top