Penyimpanan Cloud Dropbox Yang Populer

13 June 2019
Penyimpanan Cloud Dropbox

Penyimpanan Cloud Dropbox adalah sebuah layanan hosting file yang berkantor pusat di San Francisco, California.  Dioperasikan oleh perusahaan Amerika yaitu Dropbox, Inc. Dropbox menawarkan penyimpanan cloud, sinkronisasi file, cloud pribadi, dan perangkat lunak klien.

Pada tahun 2007 Dropbox didirikan oleh mahasiswa MIT Drew Houston dan Arash Ferdowsi sebagai perusahaan pemula. Dengan dana awal dari akselerator unggulan Y Combinator.

Dropbox banyak menerima Penghargaan, termasuk Penghargaan Crunchie pada 2010 untuk Aplikasi Internet Terbaik. Dan juga Penghargaan Pilihan Editor 2009 untuk Perangkat Lunak Macworld.

Penyimpanan Cloud Dropbox merupakan salah satu startup paling berharga di AS dan dunia, dengan penaksiran lebih dari US $ 10 miliar. Namun, Dropbox juga pernah menerima kritik dan menimbulkan kontroversi untuk masalah termasuk pelanggaran keamanan dan masalah privasi. Dropbox diblokir di Tiongkok sejak 2014.

Sejarah Berdiri Dropbox

Pendiri Dropbox yaitu Drew Houston mempunyai konsep Dropbox setelah sering kelupaan membawa USB flash drive-nya ketika masih mahasiswa di MIT. Dalam postingan “Meet the Team” 2009 di dalam blog Dropbox, ia menulis bahwa layanan yang ada ketika itu “mengalami masalah dengan latensi Internet, file besar, bug, atau hanya membuat saya berpikir terlalu banyak”. Dia mulai membuat sesuatu untuk penggunaan pribadinya, namun kemudian menyadari bahwa hal tersebut dapat bermanfaat bagi orang lain dengan masalah yang sama.

Houston mendirikan Evenflow, Inc. pada Mei 2007 sebagai perusahaan di belakang Dropbox. Kemudian setelah itu memperoleh pendanaan awal dari Y Combinator. Dropbox secara resmi diluncurkan di TechCrunch Disrupt 2008, sebuah konferensi teknologi tahunan.

Karena perselisihan merek dagang antara Proxy, Inc. dan Evenflow, nama domain resmi Dropbox adalah “getdropbox.com” sampai Oktober 2009, sampai akhirnya memperoleh domain dropbox.com. Pada Oktober 2009, Evenflow, Inc. diubah namanya menjadi Dropbox, Inc.

Dalam sebuah wawancara dengan TechCrunch’s “Founder Stories” pada Oktober 2011, Houston menjelaskan bahwa video demo dirilis selama masa-masa awal Dropbox, dengan satu penonton adalah Arash Ferdowsi. Ferdowsi sangat terkesan sehingga mereka membentuk kemitraan. Mengenai kompetisi, Houston menyatakan bahwa “Mudah bagi saya untuk menjelaskan ide itu, namun sebenarnya sangat sulit untuk melakukannya.”

Model Bisnis Dropbox

Dropbox menggunakan model bisnis freemium yakni di mana pengguna ditawari akun gratis dengan ukuran penyimpanan yang ditetapkan, dengan langganan berbayar tersedia yang menawarkan kapasitas lebih besar dan fitur tambahan.

Pengguna Dropbox Basic diberi ruang penyimpanan gratis sebesar 2 gigabytes. Dan dapat diperbesar dengan referal yaitu pengguna merekomendasikan layanan kepada orang lain selanjutnya jika orang-orang itu mulai menggunakan layanan maka pengguna diberikan tambahan ruang penyimpanan sebesar 500 megabytes. Pengguna Dropbox Basic dapat memperoleh sampai 16 gigabytes melalui program referal.

Langganan Dropbox Plus (bernama Dropbox Pro sebelum Maret 2017) memberi pengguna ruang penyimpanan 1 terabyte, serta fitur tambahan, termasuk:

  • Advanced sharing controls yaitu saat membagikan tautan ke file atau folder, pengguna dapat menetapkan kata sandi dan batas kedaluwarsa.
  • Remote wipe yaitu jika suatu perangkat dicuri atau hilang maka pengguna bisa menghapus folder Dropbox dari perangkat dari jarak jauh saat online.
  • Extended Version History

Kemitraan perusahaan Dropbox

Di bulan September 2012, Facebook dan Dropbox sudah terintegrasi untuk memungkinkan pengguna di Grup Facebook berbagi file menggunakan Dropbox. Tahun 2013, Samsung melakukan pra-pemuatan aplikasi seluler Dropbox di perangkat Android. Oleh karena itu Dropbox memberikan ruang tambahan bagi pengguna yang mempunyai perangkat Samsung.

Pada November 2014, Dropbox mengumumkan kemitraan dengan Microsoft untuk mengintegrasikan aplikasi Dropbox dan Microsoft Office di iOS, Android, dan aplikasi Office 365 di web. Pada tanggal 10 Juli 2018, Dropbox mengumumkan kemitraannya dengan Salesforce yang bertujuan untuk meningkatkan keterlibatan merek dan produktivitas tim.

 

Terima kasih telah mengunjungi website kami.

Share jika bermanfaat, jika ada kritik, tambahan dan saran silakan hubungi kami atau silakan isi di kolom komentar/review.

Postingan Terkait

Komentar

Leave a Comment

Your email address will not be published. Required fields are marked *

This site is protected by reCAPTCHA and the Google Privacy Policy and Terms of Service apply.

Scroll to Top