Pada Tahun 2030 Pengguna Internet di ASEAN Diprediksi Mencapai 7,5 M

20 September 2019
Tentang Internet

Pada Tahun 2030 Pengguna Internet di ASEAN Diprediksi Mencapai 7,5 Miliar. Sejarah Internet dimulai dengan adanya perkembangan komputer elektronik sekitar tahun 1950-an. Konsep awal jaringan area luas berasal dari beberapa laboratorium ilmu komputer di Amerika Serikat, Inggris, dan Prancis.

Departemen Pertahanan AS memberikan kontrak pada awal tahun 1960-an, termasuk untuk pengembangan proyek ARPANET, yang disutradarai oleh Robert Taylor dan dikelola oleh Lawrence Roberts.

Vint Cerf Dikenal sebagai “Bapak Internet” merupakan co-designer protokol TCP/IP dan arsitektur Internet. Pada Desember 1997 karena mendirikan dan mengembangkan Internet, maka Presiden Bill Clinton memberikan Medali Teknologi Nasional AS kepada Cerf dan rekannya yaitu Robert E. Kahn.

Fifth Generation atau 5G merupakan istilah yang dipergunakan dalam menyebut generasi kelima fase berikutnya dari standar telekomunikasi seluler yang melebihi standar 4G. Teknologi 5G untuk sistem operasi seluler rencana akan resmi dirilis pada 2020.

Pengguna Internet di ASEAN Diprediksi 7,5 Miliar

Pengguna internet di kawasan ASEAN diprediksi akan menjadi sebanyak 7,5 miliar orang di tahun 2030. Angka tersebut tentu bukan angka yang kecil.

Apabila dilihat dunia digital sekarang menjadi sangat berkaitan. Terdapat 6 miliar pengguna internet di tahun 2022 dan 7,5 miliar di tahun 2030. Kata seorang Dr Amiruddin bin Wahab seorang CEO Cybersecurity Malaysia di dalam acara ASEAN CISO Forum 2019 di BPPT, Jakarta pada hari Kamis 19 september 2019.

Banyak teknologi yang luar biasa dan terdapat di berbagai sektor. Tidak hanya untuk industri ekonomi, namun aspek lain seperti transportasi, big data, dan 5G.

Riset yang dilakukan Google dan Temasek yang berjudul “e-Conomy SEA 2018” pada tahun 2018 memperlihatkan bahwa total pengguna internet di kawasan Asia Tenggara terdapat sebanyak 350 juta orang. Dari 350 juta orang tersebut, 150 juta di antaranya dari Indonesia. Dunia akan sangat saling berkoneksi, Indonesia, Malaysia, dan ASEAN.

Pengguna Internet di ASEAN

Terima kasih telah mengunjungi website kami.

Share jika bermanfaat, jika ada kritik, tambahan dan saran silakan hubungi kami atau silakan isi di kolom komentar/review.

Postingan Terkait

Komentar

Leave a Comment

Your email address will not be published. Required fields are marked *

This site is protected by reCAPTCHA and the Google Privacy Policy and Terms of Service apply.

Scroll to Top